Review Istilah Politik

Pada moment tahun politik kali ini, semarak istilah-istilah politik memenuhi beranda media gejet kita. Baik yang mengerti mengenal dan paham akan istilah-istilah yang bertebaran seputar politik, maupun yang tidak mengerti sama sekali akan istilah politik ikut-ikutan berbicara politik. Ini dikarenakan perhelatan politik periode tahun ini sangatlah panjang, sehingga istilah itu akan menjadi tidak asing bagi kita sekalipun kita tidak mengerti sama sekali.

Selain dari moment politik yang seperti cerita Tukang Ojek Pengkolan (TOP) yang terus bersambung, politik merupakan seni yang senantiasa menawarkan daya magis yang luar biasa. Karena memang pada dasarnya manusia adalah makhluk politik (dalam pengertian secara umum).

Alangkah baiknya bagi kita yang sudah mengerti, mengenal dan paham istilah-istilah politik. Untuk menyegarkan kembali ingatan kita tentang definisi politik. Atau bagi yang belum mengerti sama sekali apa itu politik, untuk bisa berkenalan dengan istilah yang tidak asing dimata, telinga dan pembicaraan kita.

Istilah Politik

Istilah politik setidaknya dari segi sejarahnya diperkenalkan pertama kali di Negeri Yunani oleh seorang Filosof yang bernama Aristoteles (324-322 SM), yang menyatakan bahwa manusia adalah makhluk politik (zoon politicon).

Politik (YunaniPolitikosArabسياسةsiyasah) (dari bahasa Yunani: politikos, yang berarti dari, untuk, atau yang berkaitan dengan warga negara), adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Pengertian ini merupakan upaya penggabungan antara berbagai definisi yang berbeda mengenai hakikat politik yang dikenal dalam ilmu politik.

Politik adalah seni dan ilmu untuk meraih kekuasaan secara konstitusional maupun nonkonstitusional.

Di samping itu politik juga dapat ditilik dari sudut pandang berbeda, yaitu antara lain:

  • politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama (teori klasik Aristoteles)
  • politik adalah hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintahan dan negara
  • politik merupakan kegiatan yang diarahkan untuk mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan di masyarakat
  • politik adalah segala sesuatu tentang proses perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik.

 

Nah, itu pengertian sederhana tentang politik. Selain pengertian diatas masih banyak lagi ruang politik dan apa saja yang bisa dihasilkan dari proses politik. Yang insya Allah akan kita bahas pada waktu yang akan datang, tetap pantengin halaman kami….