Visi Dan Misi Udah Pada Tahu Belum?

Kita sering mendengar orang menyebut kata visi dan misi, terutama dalam perbincangan organisasi baik dalam skalanya yang kecil maupun besar semisal partai politik maupun negara. Namun masih tidak jarang kita menjumpai orang yang mendengar tidak mengerti bahkan baru mendengar kalau ada istilah visi dan misi. Dan kami menganggap penting untuk menyampaikan disini tentang apa itu visi dan apa itu misi, serta kenapa istilah ini sering kali di sandingkan.

Baiklah, sekarang kita buka satu persatu istilah keduanya:

Visi yang dalam bahasa inggris vision kb. 1 penglihatan, daya lihat. He has good vision. Penglihatannya baik. 2 pandangan. 3 impian, bayangan (of a great future).

Sekarang kita lihat kata visi dari sumber Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Visi/vi·si/ n 1 kemampuan untuk melihat pada inti persoalan; 2 pandangan atau wawasan ke depan: seluruh rakyat mempunyai — yang sama mengenai perjuangan bangsa; 3 kemampuan untuk merasakan sesuatu yang tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan; 4 apa yang tampak dalam khayalan; 5 penglihatan; pengamatan.

Sudah pada paham belum apa itu visi?. Kalo belum belum mari kita perjelas lagi tentang apa itu visi seperti yang sering disampaikan pada forum-forum pertemuan, utamanya organisasi maupun pribadi. Yang tentunya ini berkaitan dengan masalah kepemimpinan.

Visi adalah sebuah tujuan atau gambaran masa depan yang kita tentukan dalam jangka waktu tertentu. Bisa jangka waktu dekat ataupun lama.

Pandangan yang menggambarkan apa yang ingin dicapai dalam masa yang akan datang itu disebut dengan visi. Secara umum bisa diartikan sebagai pandangan yang jauh dari sebuah lembaga atau perusahaan atau individu yang digunakan sebagai sebuah tujuan serta apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkannya.

Udah pada ngerti dong apa itu Visi. Sekarang kita lanjut ke istilah Misi.

Apa itu Misi?

Misi bahasa inggrisnya mission yang berarti kb. 1 tugas. What`s your mission in life ? Apa tugasmu dalam hidup ini ? 2 perutusan, utusan (U.N.). 3 misi (church)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia: misi/mi·si/ n 1 perutusan yang dikirimkan oleh suatu negara ke negara lain untuk melakukan tugas khusus dalam bidang diplomatik, politik, perdagangan, kesenian, dan sebagainya: — perdagangan kita akan mengadakan kunjungan ke luar negeri; 2 tugas yang dirasakan orang sebagai suatu kewajiban untuk melakukannya demi agama, ideologi, patriotisme, dan sebagainya.

Lebih gamblangnya memahami misi, misi dapat diartikan usaha-usaha atau apa saja yang harus dilakukan, baik oleh lembaga, perusahaan ataupun individu untuk mewujudkan apa yang sudah menjadi visinya. Karena itulah biasanya antara visi dan misi harus dibuat sejalan. Misalnya, visi sebuah perusahaan adalah menjadikan perusahaan tersebut sebagai perusahaan global, maka misi perusahaan adalah apa-apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan visi tersebut.

Misi adalah segala bentuk usaha yang kita lakukan untuk mencapai visi tersebut. Nah, biasanya untuk meraih visi tersebut, kita membutuhkan lebih dari satu misi.

Kita sudah paham istilah visi dan misi. Dan setiap orang tentunya punya visi dan misi, apalagi orang tersebut termasuk publik figur (figur masyarakat), entah dia seorang bupati, walikota, gubernur anggota dewan bahkan presiden pasti punya visi dan misi.

 

 

Semoga Bermanfa’at….