Kumpulan kisah itu berupa karya sejarah yang tak kan mudah dilupa apalagi dihapuskan. Karya menjadi sesuatu yang menyejarah karena ia memiliki sisi keaslian yang membedakan dengan karya sejarah lainnya. Karya akan tercatat dalam bingkai sejarah bila ia memiliki unsur keaslian yang tidak terbantahkan. Ia akan senantiasa dapat dibandingkan dengan karya yang lain, dan karya itu tidak dapat dipisahkan dari siapa karya itu ada.
Karya seorang pemimpin adalah keberanian dalam mengolah segenap potensi yang ada, untuk dijadikan sebuah karya luar biasa. Adalah merupakan keberanian untuk menyamakan ide dan gagasan yang ia miliki sebagai seorang pemimpin. Disitulah originalitas ide dan karya yang akan membedakan dengan sesuatu yang pernah ada sebelumnya.
Pemimpin adalah dia yang mampu menggunakan segenap kemampuannya untuk menciptakan sebuah kondisi yang berbeda dan lebih bagi masyarakat yang ia pimpin. Karena pada kenyataannya, seorang pemimpin adalah seorang pelayan.
Nabi bersabda :
سيد القوم خادمهم
Pemimpin suatu kaum itu adalah pelayan bagi mereka.
Apresiasi dari keberhasilan dalam kepemimpinan adalah ketika masyarakat yang ia pimpin mengakui keberhasilan dalam kepemimpinannya. Pengabdian dan kesadaran sebagai pelayan adalah modal untuk mencapai kesuksesan dalam kepemimpinan. Kepemimpinan bukanlah kekuasaan, bukan jabatan atau pun kewenangan yang mesti dibanggakan. Dan kepemimpinan bukan pula barang dagangan yang bisa diperjual belikan. Kepemimpinan adalah amanah yang harus dipertanggungjawabkan bukan hanya di dunia dan kepada manusia, melainkan juga akan dimintai pertanggungjawaban dihadapan Tuhan.
Dalam kehidupan sosial keagamaan kepemimpinan adalah suatu yang sangat urgen dalam mencapai cita-cita bersama. Hampir tidak kita dapatkan dalam sejarah kehidupan manusia ada suatu pekerjaan dan sebuah cita cita besar yang dapat dicapai tanpa kepemimpinan. Oleh karena itu dalam menata kehidupan manusia yang dinamis dan interaktif sudah pasti dituntut adanya seorng pemimpin yang bertugas melaksanakan, memandu dan membawa pekerjaan itu kearah tercapainya sasaran
Kapasitas yang merupakan kemampuan untuk mencapai kinerja yang efektif dan efisien. Ini menunjukkan bahwa seseorang bisa dianggap mempunyai kapasitas adalah ia yang memiliki standar keilmuan dan pengalaman dalam bidang kepemimpinan.
Keberhasilan seorang pemimpin dalam kepemimpinannya akan senantiasa tercatat sebagai karya yang akan selalu ada, walaupun dia telah meninggalkan tugasnya. Pemikiran dan buah karya dapat membuktikan bahwa seseorang layak dipilih untuk kita jadikan seorang pemimpin, untuk mewakili kita dalam mewujudkan kemaslahatan, kesejahteraan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Jangan sampai salah memilih wakil untuk kita jadikan sebagai pemimpin. Karena kesalahan dalam memilih pemimpin, dapat mengakibatkan kesalahan dalam proses kepemimpinan. Pilih calon pemimpin yang mempunyai kapasitas kepemimpinan yang telah diakui.
Selamat berdemokrasi….

Jadilah pemilih cerdas dan bermartabat.